Thursday, August 9, 2012

Rahasia Arsitek Kuno

Rahasia Arsitek Kuno


Bukan EnsiklopBAC namanya kalo disetiap Postingannya tidak didahului dengan pertanyaan, karena Pertanyaanlah yang memicu seseorang ingin tau dan akhirnya mencari tau..Orang tidak akan pernah menjawab kalo tidak ditanya,,Seorang Pelajar tidak akan mengerjakan Ulangannya kalo disitu tidak tertulis “Soal” ia kan ?.. Udah deh basa-basinya langsung ke TOPIKnya aja..

Jaman dulu kan belum ada semen tuh, Kalian tau engga kenapa ko orang jaman dahulu bisa buat bangunan yang begitu besar dan kokoh sampai sekarang tanpa semen ?..Contohnya kayak Candi Borobudur. Inilah Artikel yang bisa menjawab pertanyaan itu..


Orang jaman dahulu begitu hebat kan ?..bisa membuat bangunan megah, Orang Indonesia Kuno punya candi Borobudur dan batu-batu Stupa. Orang Yunani Kuno punya kuil Apolo dengan Pilar-pilar besar berulir Orang Mesir punya Piramida(Artikel tentang Piramida juga ada) yang bentuk nya Runcing, Orang Roma punya kuil Pantheon dengan kubah melengkung. Orang maya kuno membuat kuil maya yang menjulang tinggi. Semua orang kuno punya resep rahasia membangun gedung-gedung megah itu.



Ilmuan telah menyelidiki bagaimana orang kuno membangun gedung  megah itu. Orang Yunani membuat kuil Apolo hanya dengan menggunakan Rumus Ukuran tubuh manusia. Menurut orang Yunani kuno, perbandingan rentangan tangan dan kaki manusia adalah rumus membuat bangunan yang kokoh dan indah. Mereka membuat rumus matematika dari ukuran rentangan tangan dan kaki manusia. Rumus matematika itu dipakai untuk membuat perbandingan tiang,atap,kubah, dan pilar indah di Kuil Apolo. Untuk menyambng bagian satu dengan bagian yang lain, Orang Yunani menggunakan paku kayu atau besi. Orang maya kuno juga menggunakan sistem paku untuk menumpuk batu satu sama lain. Paku orang maya terbuat dari kait logam dan kait batu.

Orang Romawi kuno diduga orang yang pertama menemukan adonan semen. Tentu saja, semennya berbeda dengan semen zaman sekarang. Orang Romawi Kuno tinggal di alam berupa pegunungan dan gunung berapi. Dari tanah sekitar gunung, orang Romawi tidak sengaja menemukan tanah yang bisa melekatkan batuan. Adonan tanah itu kemudian digunakan untuk membuat gedung. Sejak saat itu adonan semen orang romawi banyak digunakan negara lain untuk membuat gedung.

Asik nambah lagi nih Ilmu :D kalo mau lebih banyak lagi buka nih Kumpulan EnsiklopBAC

No comments:

Post a Comment